17 Juni 2024

Makhraj dan Sifat Huruf Fa

Setelah mempelajari macam-macam makhraj dan sifat huruf hijaiah, kemudian mari kita membahas makhraj dan sifat yang terdapat dalam suatu huruf secara terperinci. Selain membahas makhraj dan sifat yang dimiliki oleh huruf tersebut, juga terdapat kesalahan yang biasa dilakukan serta latihan membaca ayat terkait pengucapannya.


Artikel ini akan membahas secara khusus hanya 1 (satu) huruf yaitu huruf Fa (ف). Dipilihnya satu huruf tersebut untuk menekankan cara membaca dari segi makhraj dan cara mengucapkan dari segi sifatnya. Penjelasannya sebagai berikut ini :

Makhraj Huruf Fa

Huruf Fa secara umum merupakan huruf yang keluar dari dua mulut atau biasa disebut as-Syafatan (Syafatain). Sedangkan secara khusus, huruf Fa adalah huruf yang keluar dari bibir bawah bagian dalam yang menempel dengan ujung gigi seri atas.

Di antara sekian huruf yang keluar dari mulut (as-Syafatan), hanya huruf Fa yang menggunakan bibir bawah. Sedangkan huruf as-Syafatan lainnya seperti huruf wawu, huruf mim, dan huruf ba, menggunakan kedua bibir.

Sifat Huruf Fa

Adapun sifat-sifat yang dimiliki huruf hamzah jumlahnya ada 5 (lima), yaitu :

  1. Hams : Huruf dibaca dengan mengeluarkan hembusan angin
  2. Rakhawah : Huruf dibaca dengan mengeluarkan aliran suara
  3. Istifal : Huruf dibaca dengan menurunkan pangkal lidah
  4. Infitah : Huruf dibaca dengan membuka langit-langit
  5. Idzlaq : Huruf dibaca dengan cepat

Dari uraian di atas, dapat dipahami bahwa huruf Fa dibaca dengan desis atau mengeluarkan hembusan angin. Ia mirip dengan huruf F, bukan terbaca seperti P. Huruf fa juga ketika sukun tidak dipantulkan karena tidak memiliki sifat qalqalah.

Selain itu, saat membaca huruf Fa baik berharakat maupun sukun harus memperhatikan sifat rakhawah atau mengeluarkan aliran suara.  Huruf Fa juga di mana pun berada selalu dibaca dengan tipis karena ia memiliki sifat Istifal dan Infitah. 

Latihan Huruf Fa

Untuk melatih pengucapan huruf Fa baik dari segi tempat keluar (makhraj) maupun sifat-sifatnya, silakan membaca ayat-ayat pilihan di bawah ini dengan memperhatikan huruf Fa nya, baik dalam kondisi berharakat maupun sukun :

1. QS As-Syuara ayat 21

فَفَرَرْتُ مِنْكُمْ لَمَّا خِفْتُكُمْ فَوَهَبَ لِيْ رَبِّيْ حُكْمًا وَّجَعَلَنِيْ مِنَ الْمُرْسَلِيْنَ

2. QS An-Nur ayat 33

اِنَّ الَّذِيْنَ يَرْمُوْنَ الْمُحْصَنٰتِ الْغٰفِلٰتِ الْمُؤْمِنٰتِ لُعِنُوْا فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيْمٌ

3. QS Shad ayat 22

اِذْ دَخَلُوْا عَلٰى دَاوٗدَ فَفَزِعَ مِنْهُمْ قَالُوْا لَا تَخَفْۚ خَصْمٰنِ بَغٰى بَعْضُنَا عَلٰى بَعْضٍ فَاحْكُمْ بَيْنَنَا بِالْحَقِّ وَلَا تُشْطِطْ وَاهْدِنَآ اِلٰى سَوَاۤءِ الصِّرَاطِ

4. QS Al-Baqarah 196

وَاَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلّٰهِ ۗ فَاِنْ اُحْصِرْتُمْ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ وَلَا تَحْلِقُوْا رُءُوْسَكُمْ حَتّٰى يَبْلُغَ الْهَدْيُ مَحِلَّهٗ ۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ بِهٖٓ اَذًى مِّنْ رَّأْسِهٖ فَفِدْيَةٌ مِّنْ صِيَامٍ اَوْ صَدَقَةٍ اَوْ نُسُكٍ ۚ فَاِذَآ اَمِنْتُمْ ۗ فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ اِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ فَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلٰثَةِ اَيَّامٍ فِى الْحَجِّ وَسَبْعَةٍ اِذَا رَجَعْتُمْ ۗ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ ۗذٰلِكَ لِمَنْ لَّمْ يَكُنْ اَهْلُهٗ حَاضِرِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

5. QS Al-Baqarah 273

لِلْفُقَرَاۤءِ الَّذِيْنَ اُحْصِرُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ لَا يَسْتَطِيْعُوْنَ ضَرْبًا فِى الْاَرْضِۖ يَحْسَبُهُمُ الْجَاهِلُ اَغْنِيَاۤءَ مِنَ التَّعَفُّفِۚ تَعْرِفُهُمْ بِسِيْمٰهُمْۚ لَا يَسْـَٔلُوْنَ النَّاسَ اِلْحَافًا ۗوَمَا تُنْفِقُوْا مِنْ خَيْرٍ فَاِنَّ اللّٰهَ بِهٖ عَلِيْمٌ

Demikian artikel singkat mengenai "Makhraj dan Sifat Huruf Fa". Untuk pembahasan makhraj dan sifat huruf-huruf hijaiah lainnya, silakan KLIK DI SINI. Anda juga bisa request judul artikel dengan cara berkomentar di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon