17 September 2024

Perbedaan Rasm, Dhabt, dan Khat

Sering kali masyarakat masih kebingungan antara tiga istilah yang berhubungan dengan tulis menulis al-Quran. Ketiga istilah itu adalah rasm, dhabt, dan khat. Apa pengertian dari ketiga istilah tersebut? Dan apa perbedaan di antara ketiganya?

Kebanyakan masyarakat menyamakan ketiga istilah itu dengan satu sebutan yakni Rasm Usmani. Padahal ketiganya jelas berbeda baik dari lingkup pembahasan dan kaidah-kaidah yang meliputinya. Meskipun ketiga-tiganya berkaitan erat dengan cara penulisan bahasa Arab terutama al-Quran.

Artikel ini memaparkan perbedaan antara rasm, dhabt, dan khat yang diambil dari berbagai sumber. Sebelum menjelaskan perbedaan, perlu dipahami arti dari ketiga istilah untuk dapat mengambil benang merah dan hubungan ketiganya dalam tulis menulis al-Quran.

Arti Rasm

Rasm Usmani merupakan bagian dari Rasm. Rasm adalah tata cara penulisan tubuh huruf dari bahasa Arab. Misalnya penulisan alif berbentuk garis lurus, penulisan huruf sin seperti (س), penulisan huruf ain (ع), dan lain sebagainya.

Rasm terbagi menjadi tiga yaitu Rasm Imla'i, Rasm Usmani, dan Rasm Arudhi. Standar penulisan bahasa Arab secara umum disebut Rasm Imla'i. Sedangkan standar penulisan mushaf al-Quran disebut Rasm Usmani.

Dapat disimpulkan bahwa ilmu Rasm adalah ilmu yang membahas tata cara penulisan Arab yang mencakup huruf baik huruf itu terpisah maupun huruf bersambung. Cabang ilmu rasm yang perlu dipelajari terlebih dahulu adalah Rasm Imla'i.

Arti Dhabth

Dhabt secara singkat diartikan tanda baca. Tanda baca yang dimaksud bukan seperti tanda koma, petik, atau titik dalam bahasa Indonesia. Tanda baca dalam bahasa Arab adalah harakat, sukun, tasydid, hamzah, dan lain-lain.

Tanda baca ini muncul pada mulanya untuk memudahkan orang non Arab dalam membaca al-Quran yang saat itu hanya berupa rasm, tanpa adanya harakat, sukun, tasydid, bahkan tanpa titik. Tanda baca ini berkembang dan menjadi ilmu sendiri yang disebut ilmu dhabth.

Arti Khat

Secara bahasa, Khat berarti garis atau goresan. Secara istilah, khat adalah seni keindahan menulis bahasa Arab. Khat berfokus pada gaya tulisan yang indah dan artistik. Khat dan kaligrafi merupakan istilah yang sama.

Macam-macam khat di antaranya adalah khat naskhi, khat tsulus, khat kufi, khat diwani, khat riq'ah, dan khat farisi. Semuanya memiliki ciri keindahan dengan kaidah-kaidahnya. Kebanyakan al-Quran saat ini menggunakan khat naskhi.

Perbedaan Rasm, Dhabth, dan Khat

Kami telah menerbitkan artikel lain. Jika Anda ingin membaca artikel berjudul "Perbedaan Rasm dan Dhabth" secara lengkap, silakan KLIK DI SINI untuk membacanya. Di artikel itu juga akan dijelaskan hubungan antara keduanya dengan ilmu tajwid.

Lalu apa perbedaan antara ketiganya? Ketiganya memiliki persamaan terkait metode penulisan dalam bahasa Arab. Mushaf yang saat ini beredar, tulisannya terdiri dari gabungan 3 ilmu atau istilah ini yaitu Rasm, Dhabt, dan Khat.

Sedangkan perbedaannya adalah Rasm lebih berfokus pada batang huruf (Rasm al-Quran atau Rasm Usmani), Dhabth berfokus pada tanda baca atau syakl, dan Khat berfokus pada seni keindahan penulisannya. 

Demikian artikel berjudul "Perbedaan Rasm, Dhabt, dan Khat". Untuk membaca artikel lain tentang ilmu Dhabth, KLIK DI SINI. Sedangkan untuk artikel lengkap seputar ilmu Rasm Usmani, KLIK DI SINI. Semoga bermanfaat.

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon