12 Oktober 2024

Makhraj dan Sifat Huruf Za

Setelah membahas istilah-istilah yang ada di bab makhraj dan sifat, pada kesempatan kali ini tema makhraj dan sifat menguraikan masing-masing huruf. Dengan kata lain, pembahasan fokus di makhraj dan sifat yang dimiliki oleh huruf tersebut, serta diakhiri dengan latihan pengucapannya.

Source : YatlunaHu

Pembahasan makhraj dan sifat per huruf ini sangat penting dipelajari guna melatih kesempurnaan pengucapan masing-masing huruf. Tidak hanya dari segi pelatihan pengucapan tetapi juga praktik penerapan teori yang sudah dipelajari.

Artikel ini akan membahas secara khusus hanya 1 (satu) huruf yaitu huruf Za (ز). Dipilihnya satu huruf tersebut untuk menekankan cara membaca dari segi makhraj dan cara mengucapkan dari segi sifatnya. Penjelasannya sebagai berikut ini :

Makhraj Huruf Za

Huruf Za (ز) secara umum merupakan huruf yang keluar dari lidah (al-Lisan). Sedangkan secara khusus, huruf Za ini keluar dari lidah bagian ujung atau biasa disebut dengan Tharf al-Lisan. Makhraj huruf Za ini mirip dengan huruf Sin dan Shad.

Dengan kata lain, ketiga huruf ini yaitu huruf Za, huruf Sin, dan huruf Shad merupakan huruf yang berada dalam makhraj yang sama. Yang membedakan dari ketiga huruf tersebut adalah sifat-sifat yang dimiliki berbeda satu dengan yang lain.

Sifat Huruf Za

Adapun sifat-sifat yang dipunyai oleh huruf Za ada 6 (enam) sifat, yaitu :

  1. Jahr : Huruf dibaca dengan menahan hembusan udara
  2. Rakhawah : Huruf dibaca dengan mengalirkan suara
  3. Istifal : Huruf dibaca dengan menurunkan pangkal lidah
  4. Infitah : Huruf dibaca dengan membuka langit-langit
  5. Ishmat : Huruf dibaca dengan lambat
  6. Shafir : Huruf dibaca dengan tambahan desis

Dari uraian sifat-sifat di atas, dapat disimpulkan bahwa huruf Za diucapkan dengan cara menahan hembusan udara. Dengan kata lain, tidak boleh menghembuskan udara karena huruf Za bukan bersifat hams seperti halnya huruf tsa, fa, syin, dan lain-lain.

Huruf za dari segi aliran suara dikeluarkan sehingga pengucapannya terdengar suara yang mengalir. Lebih-lebih saat sukun, huruf za tidak boleh dihentakkan atau ditahan aliran suaranya. Selain itu, huruf Za bukan dibaca memantul.

Sifat tambahan huruf Za adalah Shafir. Yaitu tambahan desis yang menyerupai dengan suara burung atau binatang. Huruf-huruf yang memiliki tambahan sifat Shafir selain huruf Za adalah huruf Sin dan huruf Shad. Desis huruf Za mirip dengan suara lebah.

Latihan Huruf Za

Untuk melatih pengucapan huruf Za baik dari segi tempat keluar (makhraj) maupun sifat-sifatnya, silakan membaca ayat-ayat pilihan di bawah ini dengan memperhatikan huruf Za nya, baik dalam kondisi berharakat maupun sukun :

1. QS Al-Waqiah ayat 69

ءَأَنتُمْ أَنزَلْتُمُوهُ مِنَ ٱلْمُزْنِ أَمْ نَحْنُ ٱلْمُنزِلُونَ

2. QS al-Isra ayat 64

وَٱسْتَفْزِزْ مَنِ ٱسْتَطَعْتَ مِنْهُم بِصَوْتِكَ وَأَجْلِبْ عَلَيْهِم بِخَيْلِكَ وَرَجِلِكَ وَشَارِكْهُمْ فِى ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَوْلَٰدِ وَعِدْهُمْ ۚ وَمَا يَعِدُهُمُ ٱلشَّيْطَٰنُ إِلَّا غُرُورًا

3. QS al-Baqarah ayat 96

وَلَتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ ٱلنَّاسِ عَلَىٰ حَيَوٰةٍ وَمِنَ ٱلَّذِينَ أَشْرَكُوا۟ ۚ يَوَدُّ أَحَدُهُمْ لَوْ يُعَمَّرُ أَلْفَ سَنَةٍ وَمَا هُوَ بِمُزَحْزِحِهِۦ مِنَ ٱلْعَذَابِ أَن يُعَمَّرَ ۗ وَٱللَّهُ بَصِيرٌۢ بِمَا يَعْمَلُونَ

4. QS Ali Imran ayat 37

فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُولٍ حَسَنٍ وَأَنۢبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًا وَكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا ۖ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا ٱلْمِحْرَابَ وَجَدَ عِندَهَا رِزْقًا ۖ قَالَ يَٰمَرْيَمُ أَنَّىٰ لَكِ هَٰذَا ۖ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِندِ ٱللَّهِ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ يَرْزُقُ مَن يَشَآءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ

5. QS al-An'am ayat 164

قُلْ أَغَيْرَ ٱللَّهِ أَبْغِى رَبًّا وَهُوَ رَبُّ كُلِّ شَىْءٍ ۚ وَلَا تَكْسِبُ كُلُّ نَفْسٍ إِلَّا عَلَيْهَا ۚ وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَىٰ ۚ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُم مَّرْجِعُكُمْ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Demikian artikel singkat mengenai "Makhraj dan Sifat Huruf Za". Untuk pembahasan makhraj dan sifat huruf-huruf hijaiah lainnya, silakan KLIK DI SINI. Anda juga bisa request judul artikel dengan cara berkomentar di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Comments

KOMENTARMU ADALAH DOAMU!
-
-
NB : Admin tdk dpt balas komentar karna error. Silahkan chat via ikon FB Messenger di pojok kanan bawah atau email ke yatlunahuhaq[at]gmail[dot]com untuk fast respon
EmoticonEmoticon